Contact Me

Jumat, 30 Desember 2011

Bagaimana Menulis Konten untuk Blog yang Dimonetisasi dengan Program Pay Per Click

Menulis konten untuk blog yang dimonetisasi dengan program pay per click (PPC, misalnya Google Adsense) berbeda dengan model blog yang dimonetisasi program lain, misalnya afiliasi. Perbedaan yang jelas adalah konten blog PPC bersifat informatif, bukan persuasif seperti pada blog afiliasi.
Berikut adalah tiga tips menulis konten yang pas untuk blog PPC Anda.
1. Tulis postingan berseri
Ingat, blog PPC itu menghasilkan uang lewat klik iklan yang dilakukan pengunjung. Salah satu cara menarik pengunjung adalah dengan menyajikan informasi yang mereka butuhkan. Bukan hanya itu, buat pengunjung juga haus informasi.
Bagaimana merealisasikan taktik ini? Cukup mudah yaitu dengan cara menulis konten tentang sebuah topik secara berseri.
Misalkan blog Anda membahas tentang kesehatan. Anda mendapatkan ide menulis tentang penyakit AIDS. Postingan berseri yang bisa Anda buat bisa seperti ini:
Postingan pertama membahas apa itu AIDS
Postingan kedua membahas kenapa seseorang bisa terkena AIDS
Postingan ketiga membahas bagaimana menghindar dari ancaman AIDS,
Postingan keempat apa ciri-ciri orang terkena penyakit AIDS,
…dan seterusnya.
Dengan cara ini Anda telah “menjebak” pengunjung ke dalam lingkaran haus informasi. Mengapa? Karena kalau hanya membaca satu dua posting, mereka merasa belum lengkap.
Karena mereka diliputi perasaan haus informasi yang berulang-ulang, kemungkinan besar mereka membaca rangkain posting lainnya.
2. Buat internal link antarpostingan
Buat link antarpostingan agar pengunjung mudah mendapatkan lanjutan postingan. Sebagai contoh, pada postingan pertama Anda melink ke postingan ke dua. Pada postingan kedua, Anda melink ke postingan pertama. Pada postingan ketiga, Anda ngelink ke postingan kedua dan pertama. Begitu seterusnya.
3. Informasikan kelanjutan postingan
Selain internal link, informasikan pula kelanjutan postingan pada postingan yang telah Anda publikasikan. Misalnya, pada akhir postingan ketiga di atas, Anda menginformasikan bahwa pada postingan selanjutnya Anda akan membahas ciri-ciri orang yang terkena AIDS.
Itulah tiga tips yang bisa saya bagikan kepada pembaca Blogodolar. Jika ada pertanyaan atau sanggahan, silakan Anda menuliskannya di bagian komentar. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. sekedar sharing..
    cari uang online yg gk ribet, gk perlu cari member, dan hal repot lainnya..
    hnya mmbagi link dan tugas ringan di akun anggota kita.. simple...
    bisa di ambil dana nya dari western union..
    join yuk:
    http://tinyurl.com/7fajtau

    berbagi itu Menyenangkan

    BalasHapus